Senin, 20 Juni 2011

Membuat Wallpaper Hp dengan GIMP

Handphone yang saat ini berkembang di pasaran sudah mengalami revolusi yang sedemikian rupa, smartphone dan blackberry merupakan contoh gamblang bahwa handphone telah berevolusi dengan cepat. Salah satu kelebihannya adalah tampilan bentuk yang menawan baik secara fisik maupun digital.
Secara fisik, tampilan menawan adalah kewajiban para vendor pembuatnya, namun secara digital, siapapun bisa ikut serta menambah keanggunannya. Dari sisi digital, para programmer bisa ikut serta membuat program yang memudahkan pengguna untuk berinteraksi dengan alat komunikasinya. Para desainer dapat membuat wallpaper dan tema tampilannya. Untuk itu, layak dicoba untuk ikut serta berkontribusi memperindah alat komunikasi kita secara digital tentunya menggunakan software grafis yang really free seperti GIMP.
Untuk itu, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat wallpaper handphone menggunakan GIMP.
Pertama, Buka aplikasi GIMP, dan buat file baru berukuran 240 x 320 px atau 320 x 480 px

Create New file
Kedua, klik menu Filters>Render>Clouds>Solid Noise, di jendela Solid Noise, beri tanda check pada kotak Randomize dan Turbulence [perhatikan gambar di bawah ini untuk isian angkanya] > klik OK

Solid Noise
Ketiga, klik menu Filters>Render>Clouds>Difference Cloud, sama seperti langkah di atas > Klik OK

Difference Clouds
Keempat, klik menu Colors>Levels, isi isian pada kotak seperti tertera pada gambar di bawah ini. Geser slider putih di sebelah kanan dan tarik ke kiri sampai di sekitar 180. Lalu, geser slider tengah abu-abu ke kiri menjadi sekitar 1.80 > klik OK

Colors Level
Kelima, Selanjutnya kita tambahkan blur zoom, klik Filters> Blur> Motion Blur. Ubah tipe blur menjadi zoom, pastikan pusat blur tepat di tengah-tengah gambar dan tingkatkan jumlah blur ke nilai mendekati 60. (Karena blur zoom memerlukan waktu lama untuk melihat preview, Anda mungkin ingin menonaktifkan pilihan preview)

Motion Blur
Keenam, Klik menu Filter>Distorts>Whirl and Pinch. Atur sudut Whirl ke sekitar 160, jika anda ingin, atur dan geser slider lain sesuai keinginan

Whirl and Pinch
Ketujuh, pada tab Layer klik tombol Duplicate.

Duplicate Layer
Kedelapan, Pastikan lapisan kedua (duplicate) dipilih dan klik Filter> Whirl and Pinch atau menggunakan cara pintas keyboard Shift + Control. Kali ini, kita membalikkan arah putaran dan mengatur sudutnya mendekat -400. Cobalah mengubah pinch atau jumlah radius untuk mendapatkan efek yang lebih beragam.

Whirl and Pinch 2
Kesembilan, Pada tab Layer, ubah bagian atas Layer Duplicate (blend mode) untuk “lighten only” dan kemudian, klik kanan Layer Duplicate tersebut dan klik “flatten the image”. Bisa juga menggunakan perintah lain dengan cara klik Image>Flatten Image

Lighten Only Mode
Kesepuluh, Satu-satunya yang tersisa adalah mengatur warna sesuai taste Anda. Atur warna yang Anda inginkan! Untuk mendapatkan warna yang sesuai gambar, buka menu Level> Curves, ubah posisi channel menjadi green channel lalu drag diagonal line seperti tampak pada gambar. Lakukan hal yang sama pada blue channel.

Adjust Colors Curves
Kesebelas, Jika memang diperlukan, aturlah Contrast dan Brightness gambar dengan klik Colors>Brightness and Contrast serta tambahkan aksesoris tulisan di pojok bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar